Hal Menarik Tentang Mazda VX-1 Daripada Suzuki Ertiga

2 min read

Hal Menarik Tentang Mazda VX-1 Daripada Suzuki Ertiga

Mazda VX-1 diinfokan dari medio 2013 lalu, Mazda Motor Indonesia sempat melaunchingnya saat itu. Mobil ini sebagai rebadge dari Mobil Suzuki Ertiga yang didatangkan oleh Mazda untuk mengantongi segmen customer entry level yang sedang cari mobil keluarga 7-seater pada harga dapat dijangkau.

Saat penyeluncurannya, Mobil Mazda VX-1 harga semakin tinggi dibanding Mobil Suzuki Ertiga, karena cap merk Mazda yang disebut merk Jepang kelas menengah aras. Tetapi kondisinya demikian kontras di pasar mobil sudah bekas, harga Mobil Mazda VX-1 ternyata lebih dapat dijangkau dibanding Mobil Suzuki Ertiga.

Mundur ke belakang, Suzuki bekerja bersama dengan Mazda untuk rebadge Ertiga pada tahun 2013. Mazda menukar namanya sebagai VX-1, untuk mengarah customer entry tingkat. Rebadge ini bukan hanya tukar simbol tetapi juga mengoles ‘Ertiga’ sama sesuai taste Mazda yang disebut merek mahal.

Ketidaksamaan design yang cukup kelihatan adalah grill Mobil Mazda VX-1 mempunyai satu bilah krom saja. Sementara pada Mobil Suzuki Ertiga terkini krom grille depan terbagi dalam 3 baris. Secara fitur kemungkinan serupa, tetapi dialek kosmetik pada VX-1 lebih berkualitas dibanding Ertiga.

Lalu, mengapa kita perlu pilih Mobil Mazda VX-1 dibanding Mobil Suzuki Ertiga bekas? Berikut argumennya.

Harga Bekas Mobil Mazda VX-1 Jatuh, Dampak Rebadge Merek Premium

Harga baru Mobil Mazda VX-1 dijumpai tambah mahal dibanding Ertiga waktu itu. Mobil Mazda VX-1 tipe paling tinggi dipandang Rp191 juta dan tipe V dibandrol pada harga 179 juta. Sementara Mobil Suzuki Ertiga dibandrol termahal 186 juta-an untuk tipe GX AT dan Mobil Suzuki Ertiga GL MT pada harga 162 juta-an.

Tetapi jika mengulas harga pasar sisanya kebalikannya, karena Mobil Mazda VX-1 sekarang lebih dapat dijangkau dibanding Ertiga pada tahun yang serupa. Sebagai contoh, kita dapat bandingkan harga Mobil Mazda VX-1 dan Ertiga bekas keluaran 2013.

Berdasar pencarian kami, harga pasar Mobil Mazda VX-1 2013 di Jakarta sekitar Rp 85-90 juta. Dalam pada itu untuk unit paling muda keluaran 2015 dipasarkan Rp110 juta. Bagaimana dengan harga pasar Mobil Suzuki Ertiga tahun yang serupa?

Ertiga jelas akan lebih mahal, untuk keluaran 2013 dimulai dari Rp93 juta dan paling mahalnya Rp132 juta. Sementara untuk harga Ertiga 2015 dimulai dari Rp107 juta sampai Rp135 juta.

Maknanya, kita dapat mendapatkan unit Mobil Mazda VX-1 tahun 2013 dengan bujet yang lebih dapat dijangkau. Bahkan juga masalah perawatannya juga sama juga karena Mobil Mazda VX-1 tidak mengganti detail tekhnis dari Ertiga.

Harga Lebih Dapat dijangkau, Fitur Mobil Mazda VX-1 Bekas Lebih Berkualitas dari Mobil Suzuki Ertiga

Mobil Mazda VX-1 mempunyai bodi kit yang lebih sporty dimulai dari bumper depan, side skirt dan rear bumper dibikin lebih aerodinamis serta lebih agak miring. VX-1 diperlengkapi dengan side moulding yang berada di bagian pintu kanan dan kiri, maksudnya untuk membuat perlindungan mobil dari guratan saat pintu mentok tembok atau mobil lain di parkir.

Untuk menambahkan kesan-kesan eksklusif, Mobil Mazda VX-1 dipercantik krom door handle dan krom door tahap plate. Interior Mobil Mazda VX-1 lebih eksklusif karena menggunakan bahan kulit dan ada ada wood panel di dasbor dan knob transmisi. Dalam pada itu, Mobil Suzuki Ertiga angkatan pertama belum mendapatkan wood panel.

Mobil Mazda VX-1 disokong fitur yang termasuk cukuplah komplet. Berkenaan fitur favorit yang dipunyai, mobil ini sudah memperoleh Head Unit Ganda Din yang disokong dengan pola CD Player, MP3 Player, USB atau AUX in iPod/iPhone.

Pada bagian kemudi, ada Audio Steering Switch yang hendak mempermudah sopir untuk mengatur pada mekanisme audio tak perlu melepaskan lingkar setir.

Disamping itu, mobil ini sukses dipasangkan monitor MID pada Instrumen Klaster, Power Window, Electric Mirror with Retractable, AC Double Blower, Tilt Steering, Electric Power Steering, Seat Sliding, reclining dan height adjuster (driver).

Opsi Variasi di Mobil Mazda VX-1 Hanya Sedikit

Secara penampilan, kesan-kesan eksklusif ditonjolkan Mobil Mazda VX-1 baik bodi kit, leather seat, wood panel. Hal yang membandingkan ialah ada fitur oustide temperature. Satu kelebihan kecil Mobil Mazda VX-1 yakni kita dapat ketahui temperatur luar.

Akan tetapi, ada banyak kekurangan yang membuat Mobil Mazda VX-1 kurang dilirik. Kekurangan Mobil Mazda VX-1 yakni cuma ada dalam opsi transmisi manual, dan Ertiga GX sebagai tipe paling mahal di 2013 telah mempunyai transmisi otomatis. Tersebut kemungkinan yang membuat karisma Mobil Mazda VX-1 kalah dibanding Mobil Suzuki Ertiga karena pilihan variasinya yang kurang variasi.

Sparepart Mobil Mazda VX-1 Tepat dengan Ertiga

Dengan ornament eksterior dan interior yang lebih eksklusif, tidak membuat ongkos service VX-1 jadi mahal walaupun memiliki label Mazda. Perlu kamu kenali jika sebagian besar elemen VX-1 ini sama dengan Ertiga. Bahkan juga, kamu dapat lakukan service teratur di bengkel Suzuki seperti Ertiga biasa.

Mesin yang Hemat, Bandel, dan Tenaganya Oke

Mobil Mazda VX-1 ini diberi mesin berkodekan K14B milik Ertiga. Berbicara detail, mesin DOHC-VVT 4 silinder segaris 16 valve Multi Poin Injection ini sanggup memuntahkan tenaga optimal sebesar 95 PS @6.000 rpm dan torsi optimal 130 Nm @4.000 rpm.

Untuk membuat bisa jalan, mesin itu dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan. Dapur pacu K14B yang berada di Mobil Mazda VX-1 tidak hanya memiliki tenaga untuk mengalahkan beragam medan, mesin ini mempunyai tingkat durabilitas yang tinggi.

Demikian pembahasan tentang Mazda VX-1 dibandingkan Suzuki Ertiga.

One Reply to “Hal Menarik Tentang Mazda VX-1 Daripada Suzuki Ertiga”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *