Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher)

2 min read

Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher)

Bearing atau laher – Bearing atau dengan bahasa Indonesia ialah bantalan atau dengan bahasa bengkel kerap disebutkan dengan laher sebagai satu elemen pada mesin tidak kecuali di dunia otomotif. Bearing mempunyai peranan fungsi penting untuk jaga kutub (shaft) supaya selalu berputar-putar pada sumbu porosnya dan meminimalisir gesekan yang berpengaruh kerusakan. Berikut sebagai ulasan berkenaan. Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher).

PENGERTIAN BEARING
Bearing atau kerap disebutkan dengan laher sebuah elemen pada mesin yang berfungsi untuk batasi gerak relatif di antara dua elemen ataupun lebih supaya selalu bergerak sama sesuai arah yang diharapkan.

FUNGSI BEARING
Fungsi bearing atau bantalan sebagai salah satunya elemen mesin yang mempunyai peranan kurangi gesekan di antara kutub dan komponen atau elemen mesin lainnya. Harus dipahami pada mesin otomotif elemen bearing berfungsi untuk menolong dalam kurangi gesekan elemen yang berputar-putar pada kutub (shaft) atau as dan untuk menyangga sebuah kutub agar berputar-putar tanpa alami gesekan yang berlebihan.

MACAM-MACAM BEARING
Banyak tipe bearing yang dapat kita kenali dan pemakaian dari tiap-tiap tipe ini berbeda sesuai keperluan komponen mesin yang diharapkan.

Pada umumnya elemen bearing sekarang ini dibagi jadi 2 tipe, yakni :
Plain Bearing
Antifriction Bearing

Berikut ulasan berkenaan beberapa macam dari elemen bearing:

Plain Bearing Bushing
Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher). Plain bearing bushing atau kerap disebutkan dengan istilah bushing. Beberapa macam bearing ini diantaranya:

1. Hydrodynamic and Babbited Journal Bearing
Bearing ini kerap kita temui pada elemen otomotif yakni di antara crankshaft dan connecting rod dan dibuat berbahan babbit. Dalam mesin otomotif dikenali dengan istilah metal jalan yang disebut bearing yang umum digunakan di bagian crankshaft dan connecting rod pada mesin.

2. Bushing
Bushing atau kerap dikenali dalam kata bush sebuah bantalan yang dipakai sebagai tempat kutub dalam berputar-putar. Dalam bushing ada susunan oli yang berfungsi untuk membuat susunan oil film yang berfungsi kurangi berlangsungnya gesekan saat kutub berputar-putar.

Antifriction Bearing
Tipe antifriction bearing ada banyak tipe bearing yang dalam alokasinya diperbedakan dari pemakaian. Masing-masing bearing itu ialah ball bearing, roller linear bearing, dan bearing.

Berikut ulasan berkenaan tipe ini:

Ball Bearing
Ball bearing ialah bantalan gelinding yang dalam konsep kerjanya memakai bola-bola baja dalamnya. Bola-bola baja ini mempunyai fungsi sebagai media gesekan di antara elemen yang diam dengan elemen yang bergerak.

Ada banyak tipe dari ball bearing yang ada, salah satunya ialah:

1. Deep groove ball bearings
Bearing tipe ini sebagai tipe bearing universal yang biasanya terdapat banyak pada perakitan otomotif dan mesin.

2. Angular Kontak Ball BearingsĀ 
Bearing tipe ini dalam pemakaiannya direncanakan agar bisa menampung beban kombinasi, yakni beban radial dan axial. Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher).

3. Axial Deep Groove Ball Bearing
Bearing tipe ini sebagai bearing yang dalam pemakaiannya sanggup meredam beban axial yang paling berat.

Roller Bearing
Roller bearing pada umumnya memakai roll sebagai pijakannya. Tipe bearing ini umumnya ditujukan pada beban berat.

1. Cylindrical Roller Bearing
Silinder bearing ialah bantalan gelinding yang memakai silinder-silinder baja didalamnya. Di mana silinder-silinder baja ini berfungsi sebagai media gesekan di antara elemen yang diam dengan elemen yang bergerak.
Bearing ini dalam pemakaiannya sanggup meredam beban radial yang paling berat. Bearing tipe ini lebih banyak ada pada mekanisme transmisi.

2. Tapered Roller Bearing
Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher). Taper roller bearing sebagai bantalan gelinding yang berupa kerucut. Dalam taper roller bearing memakai roller baja berupa silinder untuk media gesekan di antara elemen yang diam dengan elemen yang bergerak.
Bearing ini dalam pemakaiannya biasa dipakai di otomotif sebagai bantalan pada roda dan ada di bantalan spindel.

3. Barrel Roller Bearing
Barrel bearing ialah bantalan gelinding yang konstruksinya memakai pipa-pipa baja di dalamnya. Pipa-pipa baja ini mempunyai fungsi sebagai media gesekan di antara elemen yang diam dengan elemen yang bergerak.

4. Needle Bearing
Needle bearing ialah bantalan gelinding yang memakai roller baja atau baja yang berupa silinder sebagai media gesekan di antara elemen yang diam dengan elemen yang bergerak. Ketidaksamaan di antara needle bearing dengan bearing ialah perbedaan diameter panjang rollernya dan roller.

5. Linear Bearing
Linear Bearing dipakai untuk pergerakan lempeng umumnya dipakai pada axis mesin cnc.

MACAM-MACAM PENGGUNAAN BEARING BERDASARKAN BEBAN

Pada pemakaiannya, elemen bearing itu disamakan dengan besarnya beban yang dijamin olehnya dan dari arah style yang bekerja pada bearing itu. Hingga arah dan besarnya style yang dijamin oleh bearing akan tentukan tipe bearing yang hendak dipakai. Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher).Ā  Diantaranya beban itu ialah:
Beban gabungan
Beban aksial
Beban radial

Demikian Pembahasan Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher).

 

Sumber : geraiteknologi com

One Reply to “Pemahaman Bearing Dan Macam-Macam (Laher)”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *