Kelebihan dan Kekurangan Toyota Corolla Cross Mesin Hybrid 2ZR-FBE

2 min read

Spesifikasi Toyota Corolla Cross Mesin Hybrid 2ZR-FBE

Mobil Toyota Corolla Cross melakukan peluncuranĀ  untuk pasar Jepang, sekarang telah muncul tiga foto teaser di beberapa media sosial yang menyiratkan bahwa mobil ini akan datang ke negeri Tirai Bambu pada bulan November.

Mobil Corolla Cross yang dijual di Cina nantinya akan dibuat oleh GAC Toyota. Sebuah perusahaan joint venture antara Guangzhou Automobile Group Co. Ltd dengan Toyota. Beberapa model yang ada di pasar luar sudah dimasukkan oleh GAC Toyota, mulai dari Rav4, Highlander, hingga CH-R.

Bedanya di pasar Cina, Toyota melakukan perubahan eksterior dan interior untuk menyesuaikan selera konsumen disana, termasuk penggantian nama. Salah satu contoh mobil yang terkena rebadge adalah Toyota Rav4.

Rav4 berubah nama jadi Wildlander dengan ubahan besar di sisi eksterior dan bagian interiornya. Spesifikasi Toyota Corolla Cross Mesin Hybrid 2ZR-FBE.

Lantas bagaimana dengan Mobil Toyota Corolla Cross, akankah saam dengan yang baru saja dipasarkan di Jepang atau malah lebih mirip produk global termasuk yang di Indonesia? Mari kita bahas Keunggulan dan Kelemahan Toyota Corolla Cross satu-persatu.

Tidak Pakai Nama Mobil Corolla Cross, Ada Warna Baru

Teaser pertama datang dari sisi bagian kanan samping eksterior mobil yang setengahnya tertutup pasir. Terlihat desainnya masih mengikuti Mobil Corolla Cross, tetapi dengan sedikit perbedaan pada tulisan Mobil Corolla di pilar C yang dihilangkan.

Spesifikasi Toyota Corolla Cross Mesin Hybrid 2ZR-FBE. Memang sengaja dihilangkan karena di mobil ini GAC Toyota mengganti nama dari Mobil Corolla Cross menjadi “Feng Landa”, yang artinya adalah penggerak depan (Front Lander). Hal ini menyiratkan bahwa mobil ini telah disesuaikan untuk konsumen Cina.

Bagian samping masih identik Mobil Corolla Cross

Selain nama yang terlihat pada teaser, warna juga menjadi salah satu pembeda dengan pasar jepang dan global. Warna keemasan seperti ini tidak dijual pada Mobil Toyota Corolla Cross versi Jepang maupun globalnya.

Warna ini agaknya mirip dengan kepunyaan model Yaris Cross dan New Aqua terbaru, yaitu Brass Gold Metallic. Sebenarnya ada mobil yang spesifikasinya mendekati Corolla Cross seperti mobil KIA Seltos.

Lampu depan full LED dengan DRL

Jika di teaser pertama hanya menampilkan siluet mobil, di teaser kedua ini sudah mulai terlihat bagian fascia depan.

Bagian lampu depan terlihat sama persis dengan model yang dijual di Jepang, dengan empat lens LED Signature Lamp yang berfungsi sebagai Seamless Running Light, DRL yang membagi kedua housing atas dan bawah, serta penggunaan monocular Bi-beam LED.

Headlamp Mobil Corolla Cross versi Jepang

Belum lagi jika dilihat lebih teliti, bagian gril depan terkesan mengecil ditambah lekukan di dekat bemper berbentuk trapesium yang sangat mirip dengan Mobil Corolla Cross spesifikasi Jepang. Garis-Garis tegas pada kap mesin juga tetap ada di versi Cina ini.

Pakai Emblem Toyota, Ada Fitur Kamera 360

Teaser ketiga masih soal tampilan depan, tetapi lebih mengarah ke bagian tengah dan khususnya menyorot pada bagian emblem. Nantinya model ini akan menggunakan emblem triple elips normal, tidak seperti Mobil Corolla Cross di Jepang yang memakai huruf C sebagai identitas keluarga Mobil Corolla.

Spesifikasi Toyota Corolla Cross Mesin Hybrid 2ZR-FBE. Warna emblem juga hitam, yang menunjukkan GAC Toyota akan menghadirkan pilihan mesin bensin sebagai standar.

Versi Jepang, pakai emblem Mobil Corolla C

Hingga kini belum pasti apakah mesin Hybrid 2ZR-FBE berkapasitas 1.800cc dengan bantuan motor listrik akan ikut dijual, mengingat salah satu kesamaan versi Jepang dan global adalah soal dapurpacunya.

Salah satu fitur baru tampaknya akan hadir dalam bentuk kamera 360 derajat. Bisa dilihat dari teaser ketiga ada sebuah kamera kecil yang tersembunyi pada motif gril bawah dan menghadap kedepan untuk memantau area sekitar ketika sedang parkir.

Dari ketiga foto teaser diatas, besar kemungkinan GAC Toyota akan menggunakan basis milik Mobil Corolla Cross versi Jepang, dengan sedikit perubahan di beberapa bagian, termasuk juga namanya.

Kelebihan Toyota Corolla Cross

  • Penggunaan monocular Bi-beam LED
  • Menggunakan penggerak depan (Front Lander)
  • dll

Kekurangan Toyota Corolla Cross

  • Menggunakan emblem triple elips normal
  • Tulisan Mobil Corolla di pilar C yang dihilangkan
  • dll

Demikian pembahasan Spesifikasi Toyota Corolla Cross Mesin Hybrid 2ZR-FBE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *