Perlunya Cek Secara Rutin Kondisi Rem Mobil Anda

2 min read

Perlunya Cek Secara Rutin Kondisi Rem Mobil Anda

Rem mempunyai peranan penting dalam kendalian kecepatan kendaraan. Dengan peranan yang penting ini, jadi keadaan rem kendaraan selalu harus jadi perhatian baik itu rem hidrolik, rem cakram, rem tromol, rem ABS (anti-lock braking system), dan lain-lain untuk menghindar hal yang tidak diharapkan saat di perjalanan.

Aktivitas seperti melakukan service atau pengujian pada mekanisme pengereman mobil sebagai hal yang harus dilaksanakan. Dengan teratur lakukan pengujian dan pembaruan, pastinya membuat sopir berasa semakin nyaman ketika berkendaraan bahkan juga dapat terbebas dari hal yang tidak diharapkan. Untuk Lebih detailnya baca juga berikut: Perlunya Cek Secara Rutin Kondisi Rem Mobil Anda.

Lalu kapan saat yang pas pemilik mobil diwajibkan lakukan pengujian dan servis pada mekanisme pengereman? Secara umum mekanisme pengereman dilihat saat lakukan servis secara periodik. Jika rem memunculkan tanda-tanda aneh dan keadaannya dirasakan buruk, karena itu dibutuhkan penggantian kampas dan penyetelan rem.

Mobil Harus Lakukan Service dan Pengujian Mekanisme Pengereman Tiap 20.000 Km

Service atau pengujian mekanisme pengereman mobil biasanya dilaksanakan tiap pemakaian 20.000 Km. Untuk membuat rem bekerja dengan optimal, dapat dengan bersihkan debu tersisa pengereman dan kuras minyak rem pada penampungan. Selanjutnya baca juga berikut ini: Perlunya Cek Secara Rutin Kondisi Rem Mobil Anda.

Jika kampas jarang dibersihkan, dan tampungan minyak rem jarang-jarang dikuras, pengendapan kotoran yang ada dapat mengakibatkan sumbatan di lajur minyak rem hingga mengakibatkan karat. Bila hal itu terjadi, terparahnya rem tidak dapat berperan dengan optimal yang menyebabkan mobil jadi blong.

Menemui keadaan kampas rem yang telah tipis, seharusnya selekasnya kerjakan penggantian. Karena jika didiamkan, kampas yang habis nanti dapat menghancurkan permukaan cakram dan menyebabkan pengurangan daya cengkeram dan mengakibatkan temperatur panas berlebihan karena gesekan.

Dalam penggantian kampas rem, seharusnya memakai yang asli. Kampas rem yang asli akan berasa empuk saat didesak. Kampas yang empuk ini saat temperaturnya menghangat akan berasa lebih pakem saat didesak secara terus-terusan. Berlainan dengan kampas rem palsu, umumnya bahan material yang dipakai lebih keras hingga dapat menghancurkan permukaan cakram.

Ada banyak tanda-tanda yang ikuti saat rem mobil mulai memiliki masalah. Saat mobil Anda memperlihatkan pertanda berikut, karena itu selekasnya kerjakan pembaruan atau pergantian kampas di bengkel. Berikut tanda-tandanya.

Lampu tanda

Pada mobil yang telah dilengkapi ABS, karena itu lampu tanda akan berpijar saat sensor yang ada di sisi roda tidak berperan ataupun waktu kampas rem mulai tipis. Bila tanda rem parkir kelihatan berpijar, kemungkinan terjadi kebocoran atau kekurangan minyak rem.

Rem berasa bergetar

Saat Anda mencapai pedal rem dan berasa seakan ada getaran atau mengeluarkan bunyi. Maknanya, ada tonjolan pada piringan rem atau keadaan lain seperti permukaan piringan rem yang tidak rata.

Berbau hangus

Bila tercium ada berbau hangus, kemungkinan besar ada minyak yang terbakar pada lingkar roda. Ini dapat mengisyaratkan ada kebocoran pada sekitar kaliper rem.

Lantas bagaimanakah langkah untuk menjaga elemen rem supaya tahan lama dan selalu bisa dihandalkan? Berikut beberapa panduan yang bisa Anda kerjakan;

Teratur check keadaan minyak rem

Kerjakan pengecekan keadaan minyak rem dengan teratur satu minggu sekali bersama dengan pengujian elemen yang lain. Anda bisa juga lakukan pergantian setiap tempuh jarak 20.000 km sekali. Bila saat sebelum capai batasan jarak minimalnya, minyak rem telah habis kemunginan ada kebocoran yang perlu selekasnya dibawa.

Check ketebalan kampas

Biasanya produsen menyarankan panggantian kampas setiap 20.000 km tetapi bisa jadi kampas itu tipis bisa lebih cepat karena dampak medan yang Anda menempuh.

Check sepatu rem

Pergantian material disarankan 4 banding 1 yang maknanya saat kampas rem sudah ganti sampai 4 kali, karena itu saat pergantian ke-4 itu sepatu rem perlu ditukar. Bila berdasarkan jarak, sepatu rem harus ditukar setiap 100.000 km karena beban yang diterimanya lebih kecil dibandingkan kampas rem.

Bila mobil anda alami tanda- pertanda seperti di atas selekasnya service atau benahi kendaraan anda. Keamanan berkendaraan sebagai poin penting untuk jadi perhatian khususnya elemen dalam kendaraan . Maka yakinkan kendaraan pada kondisi yang bagus ketika akan pergi.

Demikian pembahasan tentang Perlunya Cek Secara Rutin Kondisi Rem Mobil Anda.

2 Replies to “Perlunya Cek Secara Rutin Kondisi Rem Mobil Anda”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *